sedih dan menangis

sad and cry


Tentang sedih dan menangis
Sedih (menangis) adalah fitrah manusia yang di berikan oleh tuhan. Tidak peduli itu laki-laki ataupun perempuan, kuat atau lemah, kaya atau miskin, presiden atau rakyat biasa, pasti semua memiliki hati yang tidak mampu tidak menangis ketika di timpa kesedihan.
Hati sangat berpengaruh dan mengendalikan organ fisik manusia. Sebagai contoh jika kita sedang bersedih, air mata tanpa di sadari akan menetes dengan sendirinya, sedangkan ketika hati sedang kesal atau marah, terasa dada menjadi panas dan napas pun terasa naik turun dengan sangat cepat.

Menangis itu bermanfaat
Menangis bukanlah sesuatu hal yang memalukan, karena dengan menangis anda menunjukkan bahwa anda masih memiliki hati, sebuah anugerah yang tuhan berikan kepada mahluknya. Karena dengan hati kita dapat merasakan sesuatu, baik itu perasaan senang maupun perasaan sedih. Dengan hati pula lah tuhan melihat manusia. Tuhan tidak pernah melihat manusia dari luarnya, tetapi melainkan dari hati nya. Ketika mulut bisa berucap suatu kebohongan, tetapi hati tetap berucap suatu kebenaran.
Manfaat menangis lainnya adalah dengan cara menangis setidaknya kita dapat meringakan beban yang ada di benak kita. Dengan menangis semua beban seperti terangkat. Apalagi jika kita mampu menangis di hadapan tuhan. Jika di teliti lebih dalam lagi, menangis dapat juga di jadikan sebagai sebuah penghapusan kesalahan atau dosa yang telah kita perbuat. Dengan menangis setidaknya kita mengungkapkan apa kesalahan kita. Karena semua tangisan, kesedihan dan masalah yang kita hadapi, semua itu merupakan bagian dari perbuatan kita sebelumnya. Tuhan tidak pernah menciptakan masalah ataupun menciptakan tangisan manusia. Semua itu manusia sendiri yang membuatnya.
“setiap air mata yang kita teteskan karena kesalahan atau musibah, pasti akan di gantikan oleh tuhan dengan suatu pahala dan kebahgian yang akan di berikan pada waktunya asalkan kita sabar dan tawakal terhadap apa yang kita terima”

Jangan sedih berkepanjangan
Menangis adalah sebuah manfaat. Tetapi tubuh dan jiwa (hati) adalah dua hal yang menyatu di dalam diri manusia. Jika hati sakit, tubuh juga akan merasakan hal yang sama. Menurut para ahli medis, ketergantungan di antara keduanya ini di hubungkan oleh suatu hormone. Hormone inilah yang berfungsi mengatur pikiran, perasaan, aliran darah, pencernaan, metabolism tubuh dan lain sebagainya. Sehingga jika anda terus menerus berada dalam kesedihan yang berkepanjangan, maka lambat laun orga-organ tubuh ini pun akan terganggu. Apalgi jika organ vital tubuh kita yang sudah terganggu, bukan hanya sakit yang kita rasakan, kemungkinan kematian pun akan datang menghampiri kita. Sebaik nya kita tahu, kita sebagai manusia, ditugaskan oleh tuhan untuk menjaga apa yang telah tuhan berikan kepada raga kita. Tuhan berkata dalam firman nya, bahwa tuhan sangat benci terhadap manusia yang tidak bisa menjaga dirinya sendiri. Malah merusak raga nya yang telah tuhan berikan.

Air mata adalah sebuah permata
Kenapa di sebut sebuah permata ? bukan kah air mata menunjukkan bahwa kita sedang menangis, menangis artinya kita ada dalam masalah.
Itulah makna sebenarnya dari air mata. Air mata adalah sebuah permata. Karena dengan air mata dalam kesedihan. Tuhan ingin mengampuni dosa-dosa kita. Dengan masalah atau musibah, tuhan ingin menambah nikmat dan pahala kita. Dan dengan semua itu, inti nya adalah tuhan ingin mengubah kita manusia menjadi lebih baik.
“allah tidak akan mengubah suatu kaum, jika kaum itu tidak mengubah dirinya sendiri”
“janglah kamu bersikap lemah dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajat nya” (al imran : 139)
Jadi, sahabatku, tersenyum lah. Walau hati kita sedang bersedih, kita tetap harus memilki keyakinan, bahwa di balik kesedihan tuhan sudah merencakan hal yang indah buat kita. Hati ini milik tuhan, maka obat nya pun ada pada tuhan. Minta lah obat tersebut, pasti kita akan bahagia kembali. Yakinlah, bahwa semua rencana tuhan pasti indah pada waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar