Apakah Keadilan

keadilan

Hukum, Hati Nurani Dan keadilan

Bicara hukum, hati nurani dan keadilan
Bicara hukum di Negara kita orang pasti lihai, bicara keadilan di Negara kita orang pasti hebat. Tapi bicara tentang hati nurani di Negara ini banyak kebohongan yang di tutup – tutupi dengan alasan rasa kemanusiaan, HAM dan tetek bengek lainnya yang pasti jika orang mendengar, akan merasakan iba, belas kasih…itulah hati nurani di Negara ini. Apalagi jika yang bebicara para pejabat, para ekselon pejabat, anggota dewan terhormat dan aparat penegak hukum. Semuanya bohong, hanya dusta belaka, hanya kehausan akan jabatan, kekuasaan dan harta yang mereka raih. Penjilat penjilat dan penjilat,,,mungkin kata itu yang bisa di berikan kepada mereka..atas nama hati nurani, atas nama rakyat, atas nama janji terucap yang gampang di mulut mereka..tapi kenyataan nya..NOL Besar rakyat Indonesia acungkan!!!!
Apakah mereka merasakan penderitaan rakyat kecil?? Apakah mereka merasakan ketidak adilan terhadap dirinya??..tak pernah ada jawaban jujur..pasti menjawab iya!!!
Banyak dari kalangan mereka yang terjerat hukum Negara dan bahkan hukum agama bisa berlenggang lenggong seakan hukum bukanlah hal yang menyeramkan bagi mereka..koruptor di penjara ok..maling ayam di penjara ok juga…karena sama – sam salah..tapi lihat..hukum yang di kenakan pada mereka pasti berbeda dan hukumannya pun pasti beda..secara logika…orang yang korupsi 1 M..dengan yang maling ayam 2 ekor.. pasti lebih berat yang korupsi. tapi faktanya malah terbalik…yang maling ayam di hukum berat dan yang korupsi hukumannya ringan + bagi yang korupsi mungkin uang panasnya tersebut bisa di jadikan sebagai uang pembayaran jaminan hukuman...enak bangeeettttt!!!!..sedangkan maling ayam yang jika di jual hasil  malingnya paling Cuma 50 ribu..tapi di dendakan lebih dari itu…DIMANA HUKUM, HATI NURANI DAN KEADILAN ITU?????!!!!!
Tapi mungkin juga kita tidak boleh menyalahkan mereka karena manusia penuh dosa di dunia ini..jangankan pejabat pusat sampai daerah..di era pak SBY sekarang ini..manusia Indonesia sudah jauh dari rasa hati nurani dan keadilan sesama…yang dulu sama – sama berjuang atas nama kemerdekaan. Sekarang sudah terkikis..dari manusia paling terhormat di Indonesia sampai manusia miskin di Indonesia hampir sudah gak punya hati nurani lagi. Seorang nenek maling biji kakaw di hukum penjara, dua pemuda maling semangka di penjara, pasutri maling pisang di penjara dan semuanya di adili..padahal hal itu hanya pencurian kecil yang mungkin kerugian tidak seberapa jika di bandingkan dengan korupsi..dan bodohnya pula..ngapain mesti di peradilkan??..gak sebanding..kerugian akibat pencurian paling banter Cuma 100 ribu itupun paling besar..dan biaya pengadilan sendiri itu lebih dari 100 ribu..aneh aneh aneh…atas nama hukum tetapi mengabaikan yang lainnya…
Sebenarnya apakah arti hukum bagi Negara kita ini???sesuatu yang bisa di main – mainkan, di perjual belikan seperti sebauh barang?? Atau aturan aturan tertulis dan tidak tertulis yang mengikat manusia agar taat dan sebagai pengontrol kehidupan kita..tuhan aja ngasih hukum kepada manusia lewat wahyu – wahyu nya..dan gak boleh di langgar..tetapi kenapa aturan yang udah susah payah di buat oleh Negara malah di langgar...jaman memang udah berbeda..aturan tuhan aja di langgar..apalagi aturan buatan manusia…memang benar apa kata pepatah “ aturan di buat memang untuk di langgar”..mungkin itu pepatah yang tepat.

Keadilan yang kebablasan
Kebebasan seorang warga Negara pasti menyangkut dengan keadilan..di Negara ini, kasian jika melihat pemerintah Indonesia..cape – cape buat peraturan yang sudah di sesuaikan dengan UUD 45 masih aja di persalahkan..ya tuhan…apa seh sebenarnya keadilan itu??..masyarakat Indonesia jaman sekarang udah pinter – pinter..contoh keadilan dalam berunjuk rasa bagi mahasiswa..mahasiswa emang pinter, intelektual, jago debat..tapi kenapa ko bodoh dalam keadilan berunjuk rasa???..ketika polisi yang menjaga aksi unjuk rasa berlaku reaktif...mereka nuntut..marah,,mencaci maki polisi..padahal mereka gak sadar polisi begitu mungkin para pengunjuk rasa melakukan aksi anarkis..nuntut – nuntut lewat media..marah – marah atas nama keadilan..seenaknya sendiri..polisi juga memiliki keadilan..apa mereka berfikir ketika jatuh korban di pihak polisi mereka mau bertanggung jawab???..bukan hanya korban manusia..fasilitas umum milik rakyat yang mungkin hancur..apa mereka mau bertanggung jawab???pikirkan itu wahai sang maha siswa Indonesia!!!!!!!
Keadilan bukan hanya hak buat diri kita aja..tapi kita ini warga Negara..dan Negara pun punya keadilan nya sendiri…
Dunia ini fana..gak abadi..lakukanlah hal yang baik buat keadilan..bukan hal tuntutan hak atas keadilan…
Pengen bebas mengkritik karena itu adalah hak dan keadilan kita…tapi ingat!!!...ada hukum Negara dan mungkin hati nurani kita sebagai aturannya…sebelum mengkritik..kita introspeksi dulu diri..apa yang telah kita berikan buat Negara ini sebagai kewajiban kita dan ..bukan apa yang Negara berikan kepada kita karena itu hak kita yang kita tuntut.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Poskan Komentar